Konversi Type Data Dalam PHP

Ini adalah Konversi dari Type data yang sebelum nya ane post,lihat saja gan Simbol Dan Perintah Dasar Di PHP. langsung aja penjelasan nya gan.

Konversi menjadi Integer
  • Jika tipe data asal adalah float, maka perubahan menjadi integer akan membuang tanda desimal dari float. Contohnya, 13.5  akan menjadi integer 13.
  • Jika tipe data asal adalah boolean, maka nilai TRUE akan menjadi 1, dan FALSE manjadi 0.
  • Jika tipe data asal adalah string, maka string akan dipotong pada angka terakhir yang ditemukan, mulai dari awal string. Namun jika diawal string tidak terdapat angka, maka string akan dikonversi menjadi 0. Contohnya, “9 Kucing” akan menjadi integer 9, “999 kucing” akan menjadi integer 999. “kucing 99” akan menjadi 0, “14,5 kali gaji” akan menjadi integer 14 (karena desimal akan dibuang dari string)
  • Jika tipe data asal adalah array kosong (tanpa data), maka jika dikonversi menjadi integer akan menghasilkan 0, namun array dengan isi data minimal 1, akan dikonversi menjadi 1.


Konversi menjadi float

Secara garis besar, konversi menjadi float hampir sama dengan konversi menjadi integer, dengan perbedaan jika tipe asal adalah string, maka angka desimal akan diperhitungkan, misalnya “14,5 kali gaji” akan dikonversi menjadi float 14,5

Konversi menjadi boolean


  • Jika tipe data asal adalah integer, maka angka 0 akan dikonversi menjadi FALSE, selain itu, akan dikonversi menjadi TRUE. Contohnya 0 -> FALSE, 1 -> TRUE, -1 -> TRUE.
  • Jika tipe data asal adalah float, maka angka 0.0 akan dikonversi menjadi FALSE, selain itu, akan dikonversi menjadi TRUE. Contohnya 0.0 -> FALSE, 1,9 -> TRUE, -1,6 -> TRUE.
  • Jika tipe data asal adalah string, maka string “” (tanpa karakter) akan dikonversi menjadi FALSE, string “0” (string dengan karakter nol) akan dikonversi menjadi FALSE, selain itu akan dikonversi menjadi TRUE. Contohnya: “” -> FALSE, “ ” ->TRUE (karakter spasi), “0” -> FALSE.
  • Jika tipe data asal adalah array, maka array kosong (tanpa data) akan dianggap FALSE, selain itu array akan dikonversi menjadi TRUE.
Semoga Bermanfaat . . .
Share:
Location: Indonesia